RSS

Laporan Kuliah Kerja Lapangan di Yogyakarta

27 Dec

Dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Prodi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar 2011, pada hari Sabtu, 17 Desember 2011. Seluruh peserta mengadakan kunjungan ke Candi Prambanan.

Hasil pengamatan yang terkait dalam pembelajaran matematika pada Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Yogyakarta, tepatnya di Candi Prambanan sebagai berikut :

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, yakni Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Candi ini berketinggian 47 meter. Candi ini terletak 17 km dari pusat kota Yogyakarta.

Candi Prambanan mempunyai 3 halaman yaitu halaman pertama berdenah bujur sangkar,merupakan halaman yang palung suci karena halaman tersebut terdapat 3 candi utama yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua juga berdenah bujur sangkar, letaknya lebih rendah dari halaman pertama. Pada halaman ini terdapat 224 buah candi perwara yang disusun atas 4 deret dengan perbandingan jumlah 68, 60, 52 dan 44 candi. Susunan demikian membentuk susunan yang konsentris menuju halaman pusat.

Memasuki candi Siwa yang terletak di tengah dan bangunannya paling tinggi, kita akan menemui 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Keenam candi itu merupakan 2 kelompok yang saling berhadapan, terletak pada sebuah halaman berbentuk bujur sangkar, dengan sisi sepanjang 110 meter.

Di Candi Wisnu yang terletak di sebelah utara candi Siwa, kita hanya akan menjumpai satu ruangan yang berisi arca Wisnu. Demikian juga Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan Candi Siwa, kita juga hanya akan menemukan satu ruangan berisi arca Brahma.

Dari uraian di atas pengamatan yang terkait dengan pembelajaran matematika adalah denah halaman yang berbentuk bujur sangkar, deret dan perbandingan sehingga membentuk susunan candi yang simetris.

 
Leave a comment

Posted by on December 27, 2011 in Laporan KKL

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: